Ternyata Humor Sangat Penting dalam Latihan Sepakbola, Ini Alasannya

Ternyata Humor Sangat Penting dalam Latihan Sepakbola, Ini Alasannya

Ternyata Humor Sangat Penting dalam Latihan Sepakbola Ini Alasannya – Humor pada dasarnya adalah sebuah hal yang vital di dalam kehidupan manusia. Di tengah hiruk pikuk aktivitas sehari-hari, setiap orang membutuhkan humor supaya terbebas dari stres. Humor bakal memungkinkan tubuh kembali rileks, sehingga mampu kembali melanjutkan aktivitas dengan maksimal.

Hal ini pastinya juga berlaku untuk pesepakbola. Pesepakbola pun membutuhkan humor di tengah kesibukannya disaat berlatih maupun bertanding.

Akan tetapi, kebanyakan manajer sepakbola masih tidak mau untuk berhumor didalam sesi latihan para pemainnya. Khawatir kehilangan wibawa ataupun menjadikan para pemainnya kehilangan konsentrasi merupakan alasan para manajer tidak bersedia memasukan humor ke dalam sesi latihan.

Desakan menggapai prestasi setinggi-tingginya, pada dasarnya membuat para manajer musti berusaha mencari teknik latihan yang paling baik supaya pemain-pemainnya dapat berkembang. Humor di dalam sesi latihan diasumsikan sebagai hal yang tak memberikan nilai plus bagi pesepakbola. Arau bahkan barangkali justru dianggap sebagai distraksi yang patut dihilangkan.

Lars Tore Ronglan, peneliti dari Norwegian School of Sport Science, mengerjakan riset yang malah berkebalikan dengan hal ini. Riset yang baru dipublikasikan di tahun 2014 ini malah menyatakan bahwa humor sangatlah bermanfaat untuk perkembangan para pemain di dalam latihan.

Ada sejumlah keuntungan dari humor apabila dimasukan ke sesi training suatu tim. Yang pertama dikatakan bahwa lelucon merupakan penyeimbang. Artinya humor menyeimbangkan relationship antara manajer dan pesepakbola. Hubungan antar manajer dan pemain menjadi tak begitu kaku, namun juga masih ada respect dari pemain ke manajer.

Selain itu, lelucon juga dapat membangun rasa keakrabran antar pemain didalam team. Dengwan saling berbagi tawa, masing-masing pemain bakal merasa cenderung lebih akrab sehingga membuat ikatan yang kuat.

Keuntungan lainnya yakni humor dapat membuat pesepakbola terhindar dari ke-stres-an. Ronglan mengamati bahwa team yang mempergunakan humor di dalam latihannya cenderung akan menghasilkan pemain dengan level stres yang lebih kecil. Kehidupan yang dijalani para pemain bakal menjadi cenderung lebih ceria dengan terdapatnya humor di sesi training mereka.

Hal lain yang tak kalah penting dari khasiat humor yakni menjadikan para pemain sanggup mengerti instruksi yang diberika jauh lebih gampang. Ketakutan para manajer perkara pemain menjadi kurang fokus apabila terdapat humor di sesi latihan mereka sayangnya tidak tepat. Para pemain malah bakal lebih mudah mengerti semua instruksi apabila dimasukan humor.

Akan tetapi apa yang ditakutkan para manajer perkara bahaya humor pada latihan tak seluruhnya keliru. Terlalu banyak lelucon juga dapat menjadikan latihan tak berlangsung sesuai dengan rencana.

Karena hal tersebutlah Ronglan membeberkan bahwa terdapat batas yang nyata di antara “tertawa bersama” dengan “ditertawakan”. Manajer wajib mengerti kapan saat yang tepat untuk melemparkan humor dan kapan saat yang tepat untuk serius. Dengan demikian latihan pasti berlangsung sesuai rencana.

Pada dunia sepakbola professional kita familiar dengan sejumlah pemain yang kerap berbuat konyol. Sejumlah nama misalnya Mario Balotelli, David Luiz, dan beberapa pemain yang lainnya tak jarang tertangkap kamera saat berbuat konyol pada sesi latihan mereka.

Pesepakbola semacam ini juga dikatakan vital eksistensinya di dalam satu tim. Paling tidak sebuah tim wajib mempunyai 1 atau 2 pemain yang sanggup mencairkan suasana.

Sekian yang dapat kami sampaikan. Artikel ini kami ambil dari Sumberbola.com. Terima kasih telah berkunjung ke situs kami.